KEPALA SEKOLAH

MUJI RAHAYU, S.Pd.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT Rabb semesta alam, shalawat dan salam tercurah kepada Rasulullah SAW, para sahabat, keluarga dan umatnya sampai akhir zaman.Situasi pandemi Covid-19 sejak hari pertama efektif sekolah pada tahun ajaran 2020-2021 masih belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Namun demikian, TKIT Nurul Fikri berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dengan memenuhi hak anak untuk mendapatkan pembelajaran dan memastikan siswa belajar.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh melalui daring dan luring di kelas Zoom dan Video Call maupun dengan menggunakan platform Google Classroom, sebagaimana yang dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir diharapkan dapat digunakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka memberikan stimulasi yang optimal terhadap capaian perkembangan siswa.

TKIT Nurul Fikri berkomitmen untuk mengembangkan karakter, nilai-nilai keislaman dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Melalui program One Day One Ayat, penerapan graphic organizer dalam pembelajaran, menerapkan metode See-Think-Wonder dan juga Computational Thinking untuk mengembangkan skill berpikir siswa.

Melalui aplikasi Peardeck, Edpuzzle, Flipgrid dan Padlet serta platform yang ditentukan lainnya juga diharapkan dapat memberikan variasi pembelajaran yang mengasah keterampilan para siswa. Program lain yang juga penting dalam mengembangkan kreativitas, meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, dan meningkatkan percaya diri adalah penerapan Project Based Learning (PjBL).

Program literasi TKIT Nurul Fikri menggandeng NFRS atau Nurul Fikri Reading System dengan NFEC, serta Highlights Library yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam meningkatkan konsentrasi, keterampilan berpikir kritis, memperkuat memori, meningkatkan kosa kata, meningkatkan pemahaman isi bacaan, meningkatkan minat membaca siswa.

Masa pandemi tidak menjadikan kita pesimis dan menyerah terhadap keadaan, karena usia golden age siswa harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Atas berkat rahmat Allah SWT serta kerja sama yang harmonis antara sekolah dan orang tua siswa diharapkan dapat mewujudkan tujuan yang diharapkan dan menjadikan siswa dapat berkontribusi terhadap peradaban umat manusia sebagaimana termaktub dalam visi lembaga.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh