Headline News

Bermain Sambil Menulis, Membaca dan Berhitung

tk bermain sambil belajar

TUGU – Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain merupakan kebutuhan setiap anak, setiap anak ingin selalu bermain. Kebutuhan akan permainan dan bermain sangatlah mutlak bagi perkembangan anak. Untuk itu, TK Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri selalu menerapkan permainan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kali ini siswa-siswi kelas B1 TKIT Nurul Fikri melakukan kegiatan belajar membaca, menulis dan menghitung dengan berbagai permainan. Seperti belajar penjumlahan dengan media bermain pohon dadu dan media jari buatan. “Belajar konsep angka 1 sampai dengan 20 dengan media pizza,” ucap guru kelas B1, Rusliah, Selasa (14/3/2017).

Dalam setiap potongan pizza dihiasi polkadot dengan berbagai jumlah yang berbeda antara pizza satu dengan yang lain. lalu ditempel di tempat seperti pan atau alas pizza sesuai dengan jumlah yang tertera di alas pizza. Siswa juga diajarkan belajar membaca dengan menggabungkan dua suku kata dengan menggunakan lego. “Belajar membaca dengan mencari huruf yang hilang pada kata dengan menggunakan kartu dan menyusun abjad dari A sampai Z dengan menggunakan media kotak dus minuman dan stik es krim,” tambah Rusliah.

Menurut Rusliah, anak-anak akan senang dan lebih mudah mengerjakan tugas yang terselip disetiap permainan karena menggunakan media yang kongkrit. Sehingga anak tidak merasa sedang belajar, dia akan mengira sedang bermain. “Media harus yang menarik sehingga semua siswa-siswa memiliki keinginan ingin mencoba permainan satu dan lainnya tanpa bosan,” tuturnya.

Leave a Reply