Headline News

Bermain Sambil Belajar Menanam Padi

amt tk

BOGOR – Pembentukan karakter anak usia dini merupakan hal yang sangat mendasar, hal itu bisa diwujudkan dengan berbagai kegiatan diantaranya ialah Out of Boundarries (Outbound). Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan ini membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini juga akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, TK Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri mengadakan outbound untuk siswa-siswi Level TK B ke Yayasan Pelita Ilmu, Ciseeng, Bogor pada Rabu (8/2/2017). Disini siswa diajarkan ketangkasan seperti menangkap ikan mas, berjalan di seutas tali, naik rakit menyusuri danau hingga meluncur dengan flying fox sejauh 100 meter diatas danau.

Tidak hanya itu, siswa ini juga menikmati sensasi naik kerbau saat membajak sawah, menanam padi, panen padi, tumbuk padi, hingga praktek cara pengolahan kompos. Mereka juga diajarkan memerah susu sapi. “Kegiatan ini untuk mempersiapkan anak usia dini menjadi anak yang berkarakter berani, percaya diri dan mandiri. Juga untuk mempersiapkan anak usia dini yang kuat fisiknya,” ujar Penanggung Jawab Kegiatan, Noor Fathurrochmi, S.Pd.I.

Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Pengalaman itu mulai dari pembentukan kelompok. Kemudian setiap kelompok akan menghadapi bagaimana cara berkerja sama. Bersama-sama mengambil keputusan dan keberanian untuk mengambil risiko. Setiap kelompok akan menghadapi tantangan dalam memikul tanggung yang harus dilalui.

Leave a Reply